BENTUK-BENTUK HADITS ~ Angkringan Digital

Minggu, 26 Mei 2013

BENTUK-BENTUK HADITS

1. Hadits Qawli
Hadits qawli adalah segala sesuatu yang disandarkan kepada Nabi Muhammad saw, baik berupa perkataan, ucapan, ataupun sabda yang memuat berbagai maksud syaraโ€™, peristiwa, dan keadaan yang berkaitan dengan akidah, syariah, akhlak, atau lainnya. Contohnya, hadits yang diriwayatkan oleh โ€˜Ubadah ibn al-Shamith bahwasanya Rasulullah saw bersabda:
ู„ูŽุง ุตูŽู„ูŽุงุฉูŽ ู„ูู…ูŽู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽู‚ู’ุฑูŽุฃู’ ุจูููŽุงุชูุญูŽุฉู ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจู
Artinya: โ€Tidak (sah/sempurna) shalat bagi orang yang tidak membaca surat al-Fatihahโ€. (Shahih al-Bukhari, III: 204, hadits 714)

ู†ุถู‘ุฑุง ู„ู„ู‡ ุง ู…ุฑุงู’ุณู…ุน ู…ู†ู‘ุง ุญุฏูŠุซุง ูุญูุธู‡ ุญุชู‰ ูŠุจู„ู‘ุบู‡ ุบูŠุฑู‡........
Artinya: โ€œ semoga Allah memberi kebaikan kepada orang yang mendengarkan suatu hadis dariku, kemudian menghafal dan menyampaikan kepada orang lainโ€ฆ (H.R. Ahmad).
2. Hadits Fiโ€™li
Hadits fiโ€™li ialah hadits yang menyebutkan perbuatan Nabi Muhammad saw yang sampai kepada kita. Misalnya hadits riwayat al-Bukhari dari Jabir ibn โ€˜Abd Allah:
ูƒูŽุงู†ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ูŠูุตูŽู„ูู‘ูŠ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฑูŽุงุญูู„ูŽุชูู‡ู ุญูŽูŠู’ุซู ุชูŽูˆูŽุฌูŽู‘ู‡ูŽุชู’ ููŽุฅูุฐูŽุง ุฃูŽุฑูŽุงุฏูŽ ุงู„ู’ููŽุฑููŠุถูŽุฉูŽ ู†ูŽุฒูŽู„ูŽ ููŽุงุณู’ุชูŽู‚ู’ุจูŽู„ูŽ ุงู„ู’ู‚ูุจู’ู„ูŽุฉ
Artinya: โ€Rasulullah saw pernah shalat di atas tunggangannya, ke mana pun tunggangannya menghadap. Apabila ia mau melaksanakan shalat fardhu, ia turun dari tunggangannya, lalu menghadap ke kiblat โ€. (Shahih al-Bukhari, III: 204, hadits 714)
ูƒุง ู† ุงู’ ูƒุชุฑ ุฏ ุนุง ุก ุงู„ู†ู‘ุจูŠ ุตู„ู‰ ุง ู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆ ุณู„ู‘ู… : ุง ู„ู„ู‡ู…ู‘ ุงู’ ุชู†ุง ูู‰ ุงู„ุฏู‘ู†ูŠุง ุญุณู†ุฉ ูˆ ูู‰ ุง ู„ุงู’ ุฎุฑุฉ ุญุณู†ุฉ ูˆ ู‚ูŠู†ุง ุนุฐุง ุจ ุง ุงู„ู†ู‘ุงุฑ (ุฑูˆุงู‡ ู…ุชูู‚ ุนู„ูŠู‡)
Doโ€™a yang paling banyak dilakukan Nabi SAW., adalah Allahumma aatina fiddun-yaa hasanatan wa fi al-akhirati hasanah waqina adzaban-aar (Bukhori dan Muslim).

3. Hadits Taqriri
Maksud hadits taqriri ialah Penetapan (Taqririyyah) yaitu perkataan atau perbuatan tertentu yang dilakukan oleh sahabat di hadapan Nabi Muhammad atau sepengetahuan beliau, namun beliau diam dan tidak menyanggahnya dan tidak pula menampakkan persetujuannya atau malahan menyokongnya. Hal semacam ini dianggap sebagai penetapan dari Nabi Muhammad walaupun beliau dalam hal ini hanya bersifat pasif atau diam. Sebagai contoh, pengakuan Nabi Muhammad terhadap ijtihad para sahabat berkenaan dengan shalat Ashar di perkampungan Bani Quraizhah, sebagaimana diriwayatkan dari โ€˜Abd Allah Ibn Umar:

ู„ูŽุง ูŠูุตูŽู„ูู‘ูŠูŽู†ูŽู‘ ุฃูŽุญูŽุฏูŒ ุงู„ู’ุนูŽุตู’ุฑูŽ ุฅูู„ูŽู‘ุง ูููŠ ุจูŽู†ููŠ ู‚ูุฑูŽูŠู’ุธูŽุฉูŽ ููŽุฃูŽุฏู’ุฑูŽูƒูŽ ุจูŽุนู’ุถูŽู‡ูู…ู’ ุงู„ู’ุนูŽุตู’ุฑู ูููŠ ุงู„ุทูŽู‘ุฑููŠู‚ู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุจูŽุนู’ุถูู‡ูู…ู’ ู„ูŽุง ู†ูุตูŽู„ูู‘ูŠ ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ู†ูŽุฃู’ุชููŠูŽู‡ูŽุง ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุจูŽุนู’ุถูู‡ูู…ู’ ุจูŽู„ู’ ู†ูุตูŽู„ูู‘ูŠ ู„ูŽู…ู’ ูŠูุฑูŽุฏู’ ู…ูู†ูŽู‘ุง ุฐูŽู„ููƒูŽ ููŽุฐููƒูุฑูŽ ู„ูู„ู†ูŽู‘ุจููŠูู‘ ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ููŽู„ูŽู…ู’ ูŠูุนูŽู†ูู‘ูู’ ูˆูŽุงุญูุฏู‹ุง ู…ูู†ู’ู‡ูู…ู’
Artinya: โ€œJanganlah salah seorang (di antara kamu) mengerjakan shalat Ashar, kecuali (setelah sampai) di perkampungan Bani Quraizhah. Lalu sebagian mereka mendapati (waktu) โ€˜Ashar di perjalanan. Sebagian mereka mengatakan, kita tidak boleh shalat sehingga sampai di perkampungan, dan sebagian lainnya mengatakan, tetapi kami shalat (dalam perjalanan), tidak ada di antara kami yang membantah hal itu. Hal itu lalu dilaporkan kepada Nabi saw, ternyata beliau tidak menyalahkan seorang pun dari merekaโ€. (Shahih al-Bukhari, III: 499, hadits 894)

ุนู† ุจู† ุนู…ุฑ ุฑุถูŠ ุง ู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ู…ุง ู‚ุงู„: ู‚ุงู„ ุงู„ู†ุจูŠู‰ู‘ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆ ุณู„ู‘ู… ูŠูˆ ู… ุง ู„ุงู’ ุญุฒุง ุจ : ู„ุง ูŠุตู„ู‘ู‰ู† ุงู’ ุญุฏุงู„ุนุตุฑ ุงู„ุงู‘ ููŠ ุจู†ูŠ ู‚ุฑูŠุถุฉ, ูุงู’ุฏุฑูƒ ุจุนุถู‡ู… ุงู„ุนุตุฑ ูู‰ ุงู„ุทู‘ุฑ ูŠู‚ ูู‚ุง ู„ ุจุนุถู‡ู… ู„ุง ุชุตู„ู‰ ุญุชู‘ู‰ ุชุงู’ ุชูŠู‡ุง ูˆู‚ุง ู„: ุจุนุถู‡ู… ุจู„ ู†ุตู„ู‘ู‰ ู„ู… ูŠุฑุฏ ู…ู†ู‘ุง ุฐ ู„ูƒ ูุฐ ูƒู‘ุฑ ุฐ ู„ูƒ ู„ู„ู†ุจูŠู‘ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู‘ู… ูู„ู… ูŠุนุชู‘ู ูˆุงุญุฏุงู…ู†ู‡ู… (ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑู‰)

Artinya: Dari Ibnu โ€˜Umar ra, dia berkata: โ€œ Nabi SAW., bersabda pada hari peperangan Ahzhab, ujarnya: โ€œJanganlah seorang pun melakukan salat โ€œashar kecuali di perkampungan Bani Quraidzah. Maka sebagian mereka berkata: โ€˜kami tidak melakukan salat sehingga kami sampai di perkampungan tersebutโ€. Dan sebagian yang lain mengatakan, โ€œjustru kami melakukan salat (pada waktunya), karena beliau tidak memaksudkan yang demikian pada kamiโ€™. Kemudian perbedaan interpretasi tersebut disampaikan kepada Nabi Saw., dan Nabi Saw tidak menyalahkan siapa pun di antara mereka.โ€ (H.R. Bukhori)
4. Hadits Hammi
Hadits hammi adalah hadits yang menyebutkan keinginan Nabi saw yang belum sempat beliau realisasikan, seperti halnya keinganan untuk berpuasa pada tanggal 9 Asyura sebagai diriwayatkan dari โ€˜Abd Allah ibn โ€˜Abbas:

ุญููŠู†ูŽ ุตูŽุงู…ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุนูŽุงุดููˆุฑูŽุงุกูŽ ูˆูŽุฃูŽู…ูŽุฑูŽ ุจูุตููŠูŽุงู…ูู‡ู ู‚ูŽุงู„ููˆุง ูŠูŽุง ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุฅูู†ูŽู‘ู‡ู ูŠูŽูˆู’ู…ูŒ ุชูุนูŽุธูู‘ู…ูู‡ู ุงู„ู’ูŠูŽู‡ููˆุฏู ูˆูŽุงู„ู†ูŽู‘ุตูŽุงุฑูŽู‰ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ููŽุฅูุฐูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ุงู„ู’ุนูŽุงู…ู ุงู„ู’ู…ูู‚ู’ุจูู„ู ุฅูู†ู’ ุดูŽุงุกูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูู…ู’ู†ูŽุง ุงู„ู’ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ุชูŽู‘ุงุณูุนูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ ููŽู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฃู’ุชู ุงู„ู’ุนูŽุงู…ู ุงู„ู’ู…ูู‚ู’ุจูู„ู ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ุชููˆูููู‘ูŠูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ

Artinya: โ€œSewaktu Rasulullah saw berpuasa pada har โ€˜Asyura dan memerintahkan para sahabat untuk berpuasa, mereka berkata: โ€œYa Rasulullah, sesungguhnya ia adalah hari yang diagungkan oleh orang Yahudi dan Nasraniโ€. Rasulullah saw menjawab, โ€Tahun yang akan datang, insya Allah kita akan berpuasa pada hari kesembilan(nya)โ€. โ€˜Abd Allah ibn โ€˜Abbas mengatakan, โ€œBelum tiba tahun mendatang itu, Rasulullah saw pun wafatโ€. (Shahih Muslim, V: 479, hadits 1916)

5. Hadits Ahwali
Hadits ahwali adalah hadits yang menyebutkan hal ihwal Nabi saw yang menyangkut keadaan fisik, sifat-sifat, dan kepribadiannya. Contohnya, pernyataan al-Barra` ibn โ€˜Azib berikut ini:
ูƒูŽุงู†ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ุฃูŽุญู’ุณูŽู†ูŽ ุงู„ู†ูŽู‘ุงุณู ูˆูŽุฌู’ู‡ู‹ุง ูˆูŽุฃูŽุญู’ุณูŽู†ูŽู‡ู ุฎูŽู„ู’ู‚ู‹ุง ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ุจูุงู„ุทูŽู‘ูˆููŠู„ู ุงู„ู’ุจูŽุงุฆูู†ู ูˆูŽู„ูŽุง ุจูุงู„ู’ู‚ูŽุตููŠ
Artinya: โ€œRasulullah saw adalah manusia memiliki sebaik-baik rupa dan tubuh. Kondisi fisiknya, tidak tinggi dan tidak pendek โ€. (Shahih al-Bukhari, XI: 384, hadits 3285)

ุนู† ุงู’ ุจู‰ ุณุนูŠุฏ ุงู„ุฎุฏุฑู‰ ุฑุถู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู†ู‡ ู‚ุง ู„: ุณู…ุนุช ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู‘ู… ูŠู‚ูˆู„: ู…ู† ุฑุงู‰ู’ ู…ู†ูƒู… ู…ู†ูƒุฑุง ูู„ูŠุบูŠู‘ุฑู‡ ุจูŠุฏู‡ ูุงู’ ู† ู„ู… ูŠุตุชุทุน ูุจู„ุณุง ู†ู‡ ูุงู† ู„ู… ูŠุตุชุทุน ูุจู‚ู„ุจู‡ ูˆ ุฐู„ูƒ ุงู’ ุถุนู ุงู„ุงูŠู…ุงู† (ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู…)
Said Al-Khuduri, ia berkata: โ€œsaya mendengar Rasulullah bersabda: โ€œApabila engkau melihat suatu kemungkaran maka cegahlah dengan tangan (kekuasaan)-mu apabila tidak sanggup, maka cegahlah dengan hatimu. Sesungguhnya dengan hati itulah yang selemah-lemahnya iman (H.R. Muslim)

























0 komentar:

Posting Komentar

Pages 101234 ยป
--------------------------------------
irchams1993group. Diberdayakan oleh Blogger.
 
Free Web Hosting | Top Hosting